Sepeda & Travelling

 Sepeda & Travelling Sepeda & Travelling

Sepeda & Traveling adalah dua kata yang tidak pernah terpisahkan
dalam kehidupan penulis hampir 20(dua puluh) tahun terakhir ini,

 tidak terasa perjalanan waktu telah membawa  ke lebih dari 25 negara di 4 benua dalam kurun waktu itu, dan semuanya berhubungan dengan sepeda!!

Mulai dari sebagai Therapist, pelatih fisik,team manager hingga membentuk team professional pernah penulis alami, inilah yang akhirnya membawa dalam kehidupan traveling menjelajahi pelosok dunia untuk mengikuti berbagai lomba sepeda khususnya di nomor roadrace atau jalan raya.

Banyak pengalaman dan hikmah yang di ambil dari rentang waktu itu, selain mengikuti race kita juga dapat mengunjungi berbagai tempat di berbagai negara, menambah kawan dari berbagai penjuru dunia dan kadang menemukan berbagai permasalahan di setiap lomba, di Airport, Hotel dll.

Pengalaman yang tidak pernah terlupakan adalah saat mengikuti tour d Philifina pada tahun 1997, dimana lomba ini menempuh stage yang panjang dengan 18 stage, setiap team waktu itu diberi mobil khas Philifina, Jeepney. Mobil itu berbentuk Jeep tapi panjang kebelakang dan tidak ada penutup jendela, bisa di bayangkan selama 18 hari mengelilingi Philifina dengan mobil seperti itu dengan seluruh perlengkapan team di dalamnya! Bahkan pernah finish di satu kota kecil sangat terpelosok, hingga ada team peserta yang tidak kebagian hotel dan menginap di salah satu bangunan sekolah!

Satu hal yang sangat penting adalah selalu menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, kadang suhu udara disuatu negara yang kita datangi sangat extrim panasnya seperti di Iran yang pernah mencapai 46°C atau atau bahkan di bawah 0°C apabila kita datang ke negara-negara 4 musim di penghujung tahun. Untuk membuat stamina tetap berjaga, kadang penulis selalu bersepeda santai selama 2-3 jam di sela-sela kompetisi. Ini banyak membantu sekali membuat tubuh kita selalu bugar.

Ini hanyalah sekelumit pengalaman yang penulis alami selama menggeluti dunia sepeda yang tidak pernah terpisahkan dengan dunia travelling!!

Tutas turisna