Bersepeda untuk pemula




Apakah Anda ingin lebih banyak aksi dalam hidup Anda? Apakah Anda ingin berolahraga, mengurangi stres, membangun otot yang kuat, menurunkan berat badan dan mendapatkan kebugaran tanpa latihan berjam-jam di tempat yang statis? Apakah ada cara untuk mendapatkan ini??
Jawaban Anda adalah "bersepeda".



Anda bukanlah pembalap sepeda professional, Jadi Anda tidak perlu membutuhkan waktu  berjam-jam per minggu, beratus-ratus kilometer  per sesi. Sebagai seorang pemula yang anda perlukan hanyalah latihan yang teratur dan benar!

Berikut adalah beberapa tips bersepeda bagi pemula atau “baru bermain sepeda sebagai olahraga”.
Awalnya Anda harus membiasakan diri dengan sepeda. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda sudah merasa cocok dan  nyaman dengan sepeda anda sendiri??. Karena jika anda merasa tidak nyaman dengan sepeda sendiri, Anda akan malas untuk menaikinya.

Biarkan tubuh Anda memberitahu Anda apa yang harus dilakukan. Sukses ketika Anda mulai bersepeda, tergantung pada motivasi dan minat Anda. Pastikan bahwa Anda menikmatinya!!.
Jangan lupa,faktor cuaca (panas dan hujan) sangat berpengaruh, juga suasana hati dan kondisi tubuh kita
apakah Anda berada dalam suasana hati yang baik, atau sedikit lelah.
Yang terpenting adalah lakukan latihan dengan teratur dan meningkatkan kecepatan atau jarak secara bertahap.

Untuk awal bagi pemula disarankan “bermain di rute datar dulu” selama dua-empat kali dalam seminggu, ini untuk menyesuaikan tubuh anda dengan sepeda. Anda tidak perlu memikirkan jarak atau kecepatan pada fase ini,lakukan kurang lebih satu jam, setelah satu-dua minggu  anda mulai menambah waktu latihan.
Biasakan diri anda untuk “memainkan gear” agar terasa lebih nyaman dalam kayuhan anda. (untuk penggunaan gear akan di bahas dalam pembahasan lain). Pada fase ini Keterampilan dasar yang harus Anda anda lakukan mulai dari berhenti, melewati garis lurus, mengayuh dengan lambat, berputar dsb.

.
Biasakan dalam sepuluh menit terakhir menggunakan gear yang paling ringan, ini bertujuan untuk melemaskan atau membuang asam laktat di otot yang terjadi saat anda berlatih sepeda tadi..
Tidak usah kaget apabila Anda akan mengalami nyeri (kaki, pantat, lengan, kelelahan) Ini adalah reaksi tubuh yang umum ketika Anda mulai berolahraga.

Dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 bulan hingga anda dapat “menguasai” sepeda anda, 
Pastikan untuk selalu meningkatkan latihan anda ini secara secara bertahap ,Anda tidak akan dapat meningkatkan stamina, kecepatan atau kebugaran jika Anda tidak memaksa diri untuk berolahraga lebih keras.

Ketika anda sudah merasa lebih bugar dengan bersepeda, anda akan merasakan perubahan yang lain dalam tubuh,dan harus di ingat Bersepeda sebenarnya adalah  olahraga jangka panjang dari anak kecil hingga orang tua dapat melakukannya Yang anda perlukan hanya “pola bersepeda” yang baik dan benar.

Enjoy your ride!!